SILABUS BAHASA INGGRIS SMP KELAS VII, (ASKING AND GIVING THINGS) (THINGS AROUND US) (ADJECTIVE) (INSTRUCTIONS, SHORT NOTICE, WARNING/CAUTION)

SILABUS

Madrasah                   : MTs.NW.Mataram  
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas / Semester         : VII / II
Tahun Pelajaran         : 2016/2017
Kompetensi Inti          :          
                                   
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
1.1  Memahami fungsi sosial, strukstur teks dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk meminta dan memberikan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
1.2  Menyusun teks lisan dan tulis untuk meminta dan memberikan jasa dalam kehidupan sehari-hari dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Asking and Giving Things

Fungsi sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi ungkapan untuk Asking and Giving Things.
Struktur teks
Ungkapan kalimat Tanya dan responnya.
a.  A: Pass me the salt please.
B: Sure, here you are.
b. A: Can I have the cake, please?
B: Of course, here it is.
Unsur kebahasaan
-     Verbs: can, could, will, would, give, pass, have, etc.
-     To be: am is are.
-     Personal pronoun: I, you, we, they, he, she, it.
-     Nouns: salt, sugar, book, pencil, etc.
-     Ungkapan baku: here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okay.

Topic
Ungkapan permintaan dan pemberian jasa dalam lingkungan siswa sehari-hari
Mengamati
·    Peserta didik mengamati penjelasan guru mengenai Asking and Giving Things.
·    Peserta didik mendengarkan kalimat- kalimat yang diucapkan guru tentang Asking and Giving Things.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru peserta didik menanyakan antara lain tentang perbedaan kalimat meminta jasa dan kalimat memberi jasa.

Mengumpulkan informasi
·    Peserta didik medengarkan contoh kalimat memberi dan meminta jasa yang diucapkan oleh guru.
·    Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang penggunaan kosa kata Can, Could, Will, Would dalam kalimat permintaan dan pemberian jasa.
·    Peserta didik memperhatikan contoh tentang penggunaan kosa kata Can, Could, May, Would dalam kalimat permintaan dan pemberian jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
·    Peserta didik membandingkan ungkapan kalimat meminta jasa dan kalimat memberi jasa.
·    Peserta didik membandingkan intonasi ungkapan meminta jasa dan kalimat memberi jasa.
·    Peserta didik membuat beberapa percakapan tentang Asking and Giving Things.
·    Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Mengkomunikasikan
·    Setelah membuat beberapa percakapan, peserta didik maju kedepan kelas bersama temannya untuk melakukan percakapan yang sudah dibuat.
Kriteria Penilaian
·    Tingkat ketercapaian memahami penggunaan Asking and Giving Things.
·    Tingkat ketercapaian intonasi pengucapan Asking and Giving Things.
·    Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri dalam mempelajari ungkapan Asking and Giving Things.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan atau bermain peran 9role play) dalam bentuk percakapan dengan menggunakan ungkapan Asking and Giving Things.
Observasi
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·    Observasi terhadap tindakan peserta didik menggunakan bahasa inggris dalam ungkapan Asking and Giving Things.
·    Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerjasama peserta didik dalam proses pembelajaran disetiap tahapan.
·    Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri peserta didik dalam melaksanakan komunikasi didalam dan diluar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar ungkapan Asking and Giving Things.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks ungkapan Asking and Giving Things.

2 x 2 JP
·    Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat.
·    Contoh teks dari sumber otentik
2
2.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.3  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.4  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional..
2.5  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
2.6  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks..
Teks lisan dan tulis untuk  menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari

Fungsi sosial
   Mengenalkan, mengidentifikasi.
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
It’s my cricket.
They are my cats. There are many fireflies in the farm., What is it?
 Are they your toys? Which one is your book?
 How many cows do you have?
The hospital is near the post office.
The police station is in the corner. dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1) Nama benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly, cockroaches, mosquitoes.
(2) Nama bangunan umum: the post office, the bank, the hospital.
(3) Kata tanya What?Which one? How many?
(4) Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(5) Kata ganti it, they, this, that, those, these.
(6) Ungkapan There is/are..., Are there ...?
(7) Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dan sebagainya.
(8) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
Topik
Benda, binatang, bangunan umum yang terdapat di lingkungan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku ramah lingkungan, percaya diri, dan tanggung jawab.

Mengamati
·      Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks.
·      Siswa mengikuti interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
·      Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar penyebutan dan pertanyaan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang ada dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi
a.    Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatanlain yang terstruktur.
b.    Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran

Mengasosiasi
·    Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
·      Siswa membandingkan antara ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
·      Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam jurnal belajarnya.

Kriteria Penilaian:
·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·   Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  memaparkan jati diri
Pengamatan (observations): 
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik ketika muncul kesempatan.
·      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
·      Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi

2X2 JP
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat.
·      Contoh teks dari sumber otentik.
·      Lembar Kerja Siswa (LKS)
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 125.
·      Lingkungan sekitar siswa.

3
3 1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
3.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.3  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela, mengagumi
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
young, old, clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya.
It’s, They’re, I’m, dan semacamnya.
Is it small? What is he like? What are they like?Are you tired? What do you think? dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata tanya What? Which? How?
(2)   Nama benda-benda yang sangat lazim di sekitar ruman dan sekolah dan terkait.
(3)   Kata ganti it, they, this, that, those, these.
(4)   Kata kerja dalam simple present tense: be, have.
(5)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
Topik
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.



Mengamati
·      Siswa mendengarkan/ membaca berbagai   teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
·      Siswa mengikuti interaksi teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
·      Siswa menirukan model teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi
Siswa menyusun teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·      Siswa membandingkan antar ungkapan  untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·      Siswa menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya dalam jurnal belajar (learning journal).

Kriteria Penilaian:
·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks
·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks
·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·         Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
 Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
·      Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
·      Ketepatan dan kesesuaian dalam menulis teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
Portofolio
·      Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) berupa:draft, revisi, dan editing
·      Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
·      Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain.
4 x 2 JP
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat.
· Contoh teks dari sumber otentik
· Lembar Kerja Siswa.
· Orang-orang dilingkungan sekitar sekolah.
        • Lingkungan sekitar: Nama dan
4
4.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
4.2  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
4.3  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4  Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana
4.5  Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
.



Teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis
Fungsi sosial
Mencapai tujuan, menjaga ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur teks
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik:
a.    Instruksi: Read the report carefully. No students should be late. Always come on time. Shake well before use.
b.   Rambu (short notice): Keep the room clean and tidy. Keep door closed at all times. Do not enter. An email has been received. No mobile phones in the library.
c.    Peringatan (warning/caution): Caution - Very hot water. Danger, 240 volts. Slippery when wet. Warning – Dangerous chemicals.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Tindakan di sekolah dan di rumah  dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
Multimedia:
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik


Mengamati
·      Siswa membaca beberapa teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) dari berbagai sumber
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)  dari berbagai sumber.
·      Siswa belajar membaca memindai untuk mendapatkan informasi tertentu dari teks (scanning) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna
Mempertanyakan
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
·      Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi tertentu dalam teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
Mengeksplorasi
·      Siswa membacakan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)kepada teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
·      Siswa berlatih menemukan informasi tertentu dan rinci dalam teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
·      Siswa menulis/menyalin teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) yang ditulis.
·      Siswa melakukan perbaikan terhadap teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) yang ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
·      Siswa menganalisis berbagai teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) dan membandingkannya dengan contoh yang diberikan.
·      Siswa menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas kesulitan yang dihadapi pada saat membaca dan menulis teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan kalimat perintah  dalam menulis teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
·      Siswa mempresentasikan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman
Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara lisan
Kriteria Penilaian:
·         Tingkat ketercapaian fungsi sosial penggunaan teks
·         Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks instruksi, tanda atau rambu, tanda peringatan
·         Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·         Tingkat kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
 Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
·      Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
·      Ketepatan dan kesesuaian dalam menulis teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
Portofolio
·      Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) berupa:draft, revisi, dan editing
·      Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
·      Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist, penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain.
4 JP
a.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings a bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 177 - 189.
b.    Lembar Kerja Siswa
c.    Contoh teks tertulis



Mataram, 28 Maret 2017
Guru Pamong


Fatemah, S.Pd.
Mahasiswa PPLK


Idiyatul Fithri
NIM: 13.8.3.003
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Hj. Baiq Nikmah, M.M.Pd.
             NIP: 195901051986032002

Dosen Pembimbing



Marham Jupri Hadi, M.Ed.
NIDN: 0820038401


Komentar

  1. The Titanium Strength Project: Building a Solid-Stable Tilt-Shirt
    Buy The Titanium titanium nail Strength Project: cerakote titanium Building a Solid-Stable Tilt-Shirt. 2013 ford focus titanium hatchback titanium bolts You may also babyliss pro titanium like this article.

    BalasHapus

Posting Komentar