RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS SMP/MTs KELAS VII ADJECTIVE UNTUK MAHASISWA PPLK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs NW Mataram
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/2 (dua)
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan sifat (adjective)
orang,
binatang, dan benda
Alokasi Waktu :
2 x 2
Jam Pelajaran
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
1
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
|
Menulis learning log yang mengungkapkan rasa
syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya
|
2
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
|
2.2.1
|
Menyelesaikan tugas tepat
waktu.
|
2.2.2
|
Menyelesaikan tugas yang
menjadi bagiannya dalam kerja kelompok
|
|||
2.2.3
|
Datang tepat waktu pada
saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam pelajaran
|
|||
3
|
3.7
|
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada
teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda, sangat pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.7.1
|
Menentukan tujuan
komunikatif teks
|
3.7.2
|
Mengidentifikasi kata sifat (adjective)
yang menggambarkan sifat orang, hewan, dan benda
|
|||
3.7.3
|
Mengidentifikasi ungkapan
dan unsur kebahasaan kalimat dalam teks
|
|||
4
|
4.8
|
Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
4.8.1
|
Menanyakan sifat dan ciri
fisik teman, hewan, dan bendasecara lisan dengan akurat, lancar dan berterima
|
4.8.2
|
Menyatakan sifat dan ciri fisik teman,hewan, dan benda secara lisan dengan akurat, lancar
dan berterima
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan
ciri-ciri fisik orang pada gambar secara lisan secara akurat, lancar dan
berterima berdasarkan beberapa gambar,
2.
Menemukan
arti kata (adjective) dan pola
kalimat yang digunakan dengan benar berdasarkan pengamatan atas beberapa contoh
dialog.
3.
Menanyakan
sifat dan ciri fisik teman sekelasnya dengan akurat, lancar/runtut dan
berterima bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik
teman-teman sekelasnya,
4.
Menyatakan
sifat dan ciri fisik teman sekelasnya dengan akurat, lancar/runtut dan
berterima bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik
teman-teman sekelasnya dengan bertanggung jawab
5.
Mendeskripsikan
teman sekelasnya secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima bila diberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik teman-teman sekelasnya dengan
bertanggung jawab,
6.
Mendeskripsikan
teman sekelasnya secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima bila
diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi karakteristik teman-teman
sekelasnya,
7. Menebak teman yang dimaksud
dengan tepat bila diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi beberapa sifat
dan ciri fisik teman sekelasnya.
D.
Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial : Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela, mengagumi
Struktur
Teks : (ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan
tata bahasanya)
young, old, clever, big, small, easy,
difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya.
It’s…, They’re…, I’m…, dan semacamnya.
Is it small? What is he like? What are
they like?Are you tired? What do you think? dan semacamnya.
Unsur
Kebahasaan:
·
Kata
tanya What? Which? How?
·
Nama
benda-benda
yang sangat lazim di
sekitar rumah dan sekolah dan terkait.
·
Kata ganti it,
they, this, that, those, these.
·
Kata kerja
dalam simple present tense: be, have.
·
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
Topik:
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan
kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin,
jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ilmiah
2.
Pembelajaran Kontekstual
F.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media
Kreatif. Hal. 125.
2.
Orang-orang dilingkungan sekitar peserta didik.
G.
Media Pembelajaran
1.
Media:gambar orang
2.
Alat dan bahan: spidol, papan tulis
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
member salam (greeting);
2)
Guru
memeriksa kehadiran siswa;
3)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
5)
Guru
mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
6)
Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai;
7)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)
Peserta
didik memperhatikan gambar yang disajikan oleh guru dan mendengarkan cerita
guru tentang isi gambar tersebut. (Lampiran I)
2)
Peserta
didik membuat catatan-catatan kecil berdasarkan cerita guru.
3)
Peserta
didik bergiliran menceritakan isi gambar tersebut berdasarkan contoh yang
diberikan oleh guru.
4)
Peserta
didik membuat cerita atau kalimat tentang seseorang yang mereka suka sesuai dengan
susunan kalimat adjective yang
dijelaskan oleh guru.
5)
Peserta
didik bergiliran membaca kalimat tentang seseorang yang mereka suka didepan
kelas.
Mengumpulkan
data/informasi
6)
Peserta
didik menirukan cara pengucapan kata, dialog dan atau kalimat yang dipelajari.
7)
Peserta
didik menirukan cara menanyakan sifat atau ciri fisik seseorang dan cara
menjawabnya.
8)
Peserta
didik mendeskripsikan salah seorang teman sekelasnya secara lisan berdasarkan
kata sifat yang telah ditemukan.
Penutup (10 menit)
1) Peserta didik dan guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2) Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3) Peserta didik menerima tugas
mandiri untuk menceritakan orang-orang di sekitarnya sebagai tindak lanjut
kegiatan pembelajaran.
4) Peserta didik memperhatikan
informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5) Peserta didik dan guru
mengucapkan salam penutup.
Pertemuan Kedua
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru member salam (greeting);
2) Guru memeriksa kehadiran siswa;
3) Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
4) Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari,
dengan memberikan contoh dan
perbandingan lokal, nasional
dan internasional;
5) Guru mengajukan tentang kaitan
antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6) Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai;
7) Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Mengasosiasi/Mengolah
Informasi
1) Peserta didik membuat kelompok
yang terdiri dari beberapa orang kemudian duduk sesuai dengan kelompoknya.
2) Peserta didik bekerja berkelompok
untuk menuliskan ungkapan-ungkapan yang dipergunakan dalam menanyakan dan
menyatakan sifat atau ciri fisik seseorang.
3) Peserta didik diberikan tugas
masing-masing kelompok untuk membuat deskripsi tentang salah seorang artis yang
mereka kenal.
4)
Peserta
didik mempresentasikan apa yang sudah didiskusikan bersama kelompoknya didepan
kelas dengan satu perwakilan.
Mencipta
1)
Peserta
didik menuliskan deskripsi sangat sederhana tentang sifat dan ciri fisik salah
seorang temannya.
Penutup (10
menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2. Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Peserta didik menerima tugas
mandiri untuk menceritakan orang-orang di sekitarnya sebagai tindak lanjut
kegiatan pembelajaran.
4. Peserta didik memperhatikan
informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5.
Peserta
didik dan guru mengucapkan salam penutup.
I.
Tekhnik Penilaian
- Tes dan Non Tes
- Kunci dan Pedoman penskoran
J.
Penilaian
ð Penilaian
1 (Tes)
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
a.
Mengidentifikasi
kata sifat (adjective) yang menggambarkan sifat
orang, hewan, dan benda.
|
Mendengarkan
|
|
Buatlah
10 kata adjective yang menunjukkan ciri-ciri fisik dan perilaku seseorang.
(Tugas I)
|
b.
Menanyakan
sifat dan ciri fisik teman, hewan, dan bendasecara lisan dengan akurat,
lancar dan berterima
|
Tes tulis
|
|
Membaca
kemudian menjawab soal. (Tugas II)
(Lampiran
2)
|
c.
Menyatakan
sifat dan ciri fisik
teman,hewan, dan benda secara
tertulis dengan akurat, lancar dan berterima
|
Tes menulis
|
|
-
Deskripsikanlah salah satu teman kelasmu. (Tugas III)
-
Deskripsikanlah salah artis favoritmu bersama kelompokmu. (Tugas V)
|
d.
Mendeskripsikan
teman, hewan, dan benda secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima.
|
Tes berbicara
|
|
Bacalah
deskripsi yang telah kamu buat didepan kelas. (Tugas IV)
|
ð
Penilaian 2 (Non Tes)
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Ketepatan
dalam pemahaman mengenai kata sifat (adjective)
|
|
|
|
Ketepatan
dalam pemahaman mengenai ungkapan dalam mengungkapkan kata sifat (adjective)
|
|
|
|
Mengajukan
pertanyaan
|
|
|
|
Keterangan skor :
1.
Kurang
2.
Cukup
3.
Baik
A. Penilaian
3 (Diskusi)
Nama Kelompok
|
Keindahan Teks
|
Kelengkapan Teks
|
Kerapihan Teks
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Klp 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Klp 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Klp 3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Klp 4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mataram, 06 Februari 2017
Guru Pamong
Fatemah, S.Pd.
|
Mahasiswa PPLK
Idiyatul Fithri
NIM: 13.8.3.003
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dra. Hj. Baiq Nikmah, M.M.Pd.
NIP: 195901051986032002
|
Dosen Pembimbing
Marham Jupri Hadi, M.Ed
NIDN: 0820038401
|
Daftar Nilai Siswa
RPP Ketiga (Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat (adjective) orang,
binatang, dan benda)
Ø
Penilaian I (Tes)
KELAS VII A
NO
|
NAMA
|
NILAI TUGAS I
|
NILAI TUGAS
II
|
NILAI TUGAS
III
|
NILAI TUGAS IV
|
1
|
M. AZHARI
|
80
|
75
|
75
|
75
|
2
|
NURI FAUZIA
|
85
|
85
|
80
|
85
|
3
|
MISLAIN
|
85
|
85
|
80
|
80
|
4
|
IRVAN
|
85
|
85
|
80
|
80
|
5
|
WALDI
|
85
|
85
|
80
|
85
|
6
|
M. BOHRI RAHMAN
|
80
|
80
|
80
|
80
|
7
|
KAMILAINI PAJRI
|
85
|
90
|
85
|
85
|
8
|
SEPHIRA NUR A.
|
85
|
85
|
80
|
80
|
9
|
SINTIA REHANA
|
80
|
80
|
80
|
80
|
10
|
ERLANGGA PUTRA D
|
75
|
75
|
75
|
75
|
11
|
KENDI PANGESTU
|
75
|
75
|
75
|
75
|
12
|
DIO FIKRAM
|
75
|
75
|
75
|
75
|
13
|
YUSWAN ZAKI
|
75
|
75
|
75
|
75
|
14
|
ERLY INDRIANI
|
80
|
80
|
80
|
80
|
KELAS VII B
NO
|
NAMA
|
NILAI TUGAS I
|
NILAI TUGAS II
|
NILAI TUGAS III
|
NILAI TUGAS IV
|
1
|
DELY JULIANA
|
85
|
85
|
80
|
80
|
2
|
M. SAHNI AGUNG P.
|
80
|
75
|
75
|
80
|
3
|
MUNIKAYANTI
|
85
|
85
|
80
|
80
|
4
|
SAPARUDIN
|
75
|
70
|
70
|
70
|
5
|
SURIANI
|
80
|
80
|
80
|
80
|
6
|
QOTRUN NADA
|
80
|
75
|
75
|
70
|
7
|
DANI MARDIAN
|
80
|
75
|
80
|
80
|
8
|
KATON
|
85
|
85
|
85
|
85
|
9
|
RADEN ZULHADI
|
80
|
80
|
80
|
80
|
10
|
NANA SAFITRI
|
85
|
85
|
85
|
85
|
11
|
JOAN SAPUTRA
|
80
|
75
|
80
|
80
|
12
|
JULI INDIKAYANI
|
85
|
80
|
80
|
80
|
13
|
MUHAMAD RIZAL
|
75
|
70
|
70
|
80
|
14
|
TOFA TRASNA Y.
|
75
|
75
|
75
|
75
|
15
|
ALDI MAULANA
|
75
|
70
|
75
|
70
|
16
|
DAMAN HURI
|
80
|
80
|
80
|
80
|
Ø
Penilaian II (Non Tes)
Kelas VII A
NO
|
NAMA
|
ASPEK I
|
ASPEK II
|
ASPEK III
|
SKOR
|
NILAI
|
1
|
MUHAMMAD AZHARI
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
2
|
NURI FAUZIA
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
3
|
MISLAIN
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
4
|
IRVAN
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
5
|
WALDI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
6
|
M. BOHRI RAHMAN
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
7
|
KAMILAINI PAJRI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
8
|
SEPHIRA NUR ALIFIANI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
9
|
SINTIA REHANA
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
10
|
ERLANGGA PUTRA D
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
11
|
KENDI PANGESTU
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
12
|
DIO FIKRAM
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
13
|
YUSWAN ZAKI
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
14
|
ERLY INDRIANI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
KELAS VII B
NO
|
NAMA
|
ASPEK I
|
ASPEK II
|
ASPEK III
|
SKOR
|
NILAI
|
1
|
DELY JULIANA
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
2
|
M. SAHNI AGUNG P
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
3
|
MUNIKAYANTI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
4
|
SAPARUDIN
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
5
|
SURIANI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
6
|
QOTRUN NADA
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
7
|
DANI MARDIAN
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
8
|
KATON
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
9
|
RADEN ZULHADI
|
2
|
2
|
3
|
7
|
77
|
10
|
NANA SAFITRI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
11
|
JOAN SAPUTRA
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
12
|
JULI INDIKAYANI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
13
|
MUHAMAD RIZAL
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
14
|
TOFA TRASNA Y
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
15
|
ALDI MAULANA
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
16
|
DAMAN HURI
|
2
|
2
|
3
|
7
|
77
|
Ø
Penilaian III (Diskusi)
KELAS
VII A
Kelompok
I: Kelompok II: Kelompok III: Kelompok IV:
1. M. azhari 1. Nur Fauziah 1.
Mislain 1. Erli Indriani
2. Irvan 2. Waldi 2. M. bohri R 2. Yuswan Zaki
3. Kamilaini Fajri 3. Dio Fikram 3. Sephira Nur A. 3. Sintia Rehana
4. Erlangga Putra D. 4. Kendi Pangestu
Keterangan skor:
1)
Kurang
2)
Cukup
3)
Baik
Nama Kelompok
|
Ketepatan
penulisan kata
|
Ketepatan
struktur kalimat
|
Kekompakan
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Klp 1
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
Klp 2
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
Klp 3
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
Klp 4
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
KELAS
VII B
Kelompok
I: Kelompok II: Kelompok III: Kelompok IV:
1. Suriani 1. R. Zulhadi 1.
Aldi Maulana 1. Dani Mardian
2. Dely Juliana 2. Munikayanti 2. Nana Safitri 2. Tofa Trasna Y.
3. M. Sahni Agung S 3. Qotrun Nada 3. Ahmad Daman H. 3. Juli Indikayani
4.
M.
Rizal 4.
Saparudin 4. Joan Saputra 4. Katon
Keterangan skor:
1.)
Kurang
2.)
Cukup
3.)
Baik
Nama Kelompok
|
Ketepatan
penulisan kata
|
Ketepatan
struktur kalimat
|
Kekompakan
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Klp 1
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Klp 2
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Klp 3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Klp 4
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Lampiran RPP Ketiga (Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat (adjective) orang,
binatang, dan benda)
Pengertian
Adjectives (Kata Sifat)
Adjectives atau kata sifat
adalah kata yang diggunakan untuk menerangkan kata benda (nouns).
Contoh
:
-
Active:
Aktif - Wise:
Bijaksana - Handsome: Tampan - fat: gemuk
-
Bad:
Jelek - Arrogant:
Sombong - Neat: Rapi - slim: langsing
-
Beautiful:
Cantik - Patient: Sabar - Generous: Dermawan
-
Busy:
Sibuk - Honest: Jujur - Brave: Berani
-
Clever:
Pintar - Discipline:
Disiplin - high: tinggi
-
Diligent:
Rajin - Cheerful: Ceria - short: pendek
Sesuai dengan fungsinya, adjectives biasanya ditempatkan di depan kata benda.
Contoh :
1.
They
are clever student.
2.
He
is a busy worker.
3.
She
is a beautiful girl.
4.
Rodi
is a clever student.
Lampiran Gambar
Berikut ini beberapa gambar tentang
adjective:
Lampiran Soal Tugas II
A.
Read
the sentences aloud. Then, answer the questions that follow.
Hello,
friends. I would like to introduce my new friend.
Her
name is Hapsari Dwi Ningrum. I call her Sari.
She’s
medium-height, slim and tanned.
She
has thick eyebrows and a pointed nose.
Her
eyes are big and her lips are thin.
She
wears a veil. She’s cheerful, diligent, friendly and helpful.
Questions:
1.
What
is Sari’s full name?
2.
Is
she tall? How tall is she?
3.
Is
she fat? What is she like?
4.
“she
has thick eyebrows and a pointed nose”. What is the opposite meaning of
‘thick’?
5.
Which
word in the text means “like to give assistance”?
B.
Read
the sentence aloud. Then, complete the sentences with the suitable words.
1.
Oki
and Lia are .
They never tell lies.
2.
Rona
is . She often
argues with anyone who presents debatable explanations.
3.
Bintang
is a student. He studies hard every day.
4.
We’d
better not forbid the children when they are going to do this and that. Let them
be happy and .
5.
The
Dennis family is .
They always help people who are in need.
6.
Agung
doesn’t have friends because he is . He often underestimate
others.
7.
Dudung
is like a comedian. He is and loves making jokes to entertain his friend
during breaks.
8.
We
have to be . No
one will respect us if we are late.
9.
My
mother is very .
She always advices me and provides solutions when I have problem.
10. I don’t understand why you are
very . You always
forget where you put your belonging.
Komentar
Posting Komentar