SILABUS BAHASA INGGRIS SMP KELAS VII, (ASKING AND GIVING THINGS) (THINGS AROUND US) (ADJECTIVE) (INSTRUCTIONS, SHORT NOTICE, WARNING/CAUTION)
SILABUS
Madrasah :
MTs.NW.Mataram
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas
/ Semester : VII
/ II
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1
|
1.1 Memahami fungsi sosial,
strukstur teks dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk meminta
dan memberikan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
1.2 Menyusun teks lisan dan tulis
untuk meminta dan memberikan jasa dalam kehidupan sehari-hari dengan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Asking and Giving Things
Fungsi
sosial
Mengenalkan,
mengidentifikasi ungkapan untuk Asking and Giving Things.
Struktur
teks
Ungkapan
kalimat Tanya dan responnya.
a. A: Pass me the salt please.
B:
Sure, here you are.
b. A: Can I have the cake, please?
B:
Of course, here it is.
Unsur
kebahasaan
-
Verbs:
can, could, will, would, give, pass, have, etc.
-
To
be: am is are.
-
Personal
pronoun: I, you, we, they, he, she, it.
-
Nouns:
salt, sugar, book, pencil, etc.
-
Ungkapan
baku: here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okay.
Topic
Ungkapan permintaan dan
pemberian jasa dalam lingkungan siswa sehari-hari
|
Mengamati
·
Peserta
didik mengamati penjelasan guru mengenai Asking and Giving Things.
·
Peserta
didik mendengarkan kalimat- kalimat yang diucapkan guru tentang Asking and
Giving Things.
Menanya
Dengan
bimbingan dan arahan guru peserta didik menanyakan antara lain tentang
perbedaan kalimat meminta jasa dan kalimat memberi jasa.
Mengumpulkan informasi
·
Peserta
didik medengarkan contoh kalimat memberi dan meminta jasa yang diucapkan oleh
guru.
·
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang penggunaan kosa kata Can, Could, Will, Would dalam kalimat
permintaan dan pemberian jasa.
·
Peserta
didik memperhatikan contoh tentang penggunaan kosa kata Can, Could, May, Would dalam kalimat permintaan dan pemberian
jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik membandingkan ungkapan kalimat meminta jasa dan kalimat memberi jasa.
·
Peserta
didik membandingkan intonasi ungkapan meminta jasa dan kalimat memberi jasa.
·
Peserta
didik membuat beberapa percakapan tentang Asking and Giving Things.
·
Peserta
didik menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Mengkomunikasikan
·
Setelah
membuat beberapa percakapan, peserta didik maju kedepan kelas bersama
temannya untuk melakukan percakapan yang sudah dibuat.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat
ketercapaian memahami penggunaan Asking and Giving Things.
·
Tingkat
ketercapaian intonasi pengucapan Asking and Giving Things.
·
Sikap
tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri dalam mempelajari
ungkapan Asking and Giving Things.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi
dan atau bermain peran 9role play) dalam bentuk percakapan dengan menggunakan
ungkapan Asking and Giving Things.
Observasi
(penilaian yang bertujuan untuk
memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi
terhadap tindakan peserta didik menggunakan bahasa inggris dalam ungkapan Asking
and Giving Things.
·
Observasi
terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerjasama peserta didik dalam
proses pembelajaran disetiap tahapan.
·
Observasi
terhadap kepedulian dan kepercayaan diri peserta didik dalam melaksanakan
komunikasi didalam dan diluar kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara
tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang
pengalaman belajar ungkapan Asking and Giving Things.
Tes
tertulis
Membaca dan menulis teks yang
menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks ungkapan Asking and Giving
Things.
|
2
x 2 JP
|
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi
interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat.
·
Contoh
teks dari sumber otentik
· Sumber dari internet, seperti: http://www.ilmubahasainggris.com/asking-and-giving-information-pengertian-dan-contoh-percakapan-dalam-bahasa-inggris/
|
2
|
2.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.2
Menunjukkan perilaku
santun dan
peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.4 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional..
2.5 Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
2.6 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks..
|
Teks lisan dan tulis untuk menyebutkan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan
kehidupan siswa sehari-hari
Fungsi sosial
Mengenalkan,
mengidentifikasi.
Struktur teks
(ungkapan
hafalan, tidak
perlu dijelaskan tata bahasanya)
It’s my cricket.
They
are my cats. There
are many fireflies in the farm., What is it?
Are
they your toys? Which
one is your book?
How
many cows do you have?
The hospital is near the post office.
The police station is in the corner. dan
semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1) Nama
benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly,
cockroaches, mosquitoes.
(2) Nama
bangunan umum: the post office, the bank, the hospital.
(3) Kata tanya What?Which one? How many?
(4) Penyebutan kata
benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(5) Kata
ganti it, they, this, that, those, these.
(6) Ungkapan
There is/are..., Are there ...?
(7) Kata
kerja yang
menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present
tense: be, have, go, play,get, take,
dan sebagainya.
(8) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan.
Topik
Benda,
binatang, bangunan umum yang terdapat di lingkungan siswa, dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku ramah lingkungan, percaya diri, dan tanggung
jawab.
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai
konteks.
· Siswa
mengikuti interaksi menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik selama
proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar penyebutan dan pertanyaan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang ada
dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.
Siswa menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam
bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatanlain yang
terstruktur.
b.
Siswa berusaha menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam
bahasa Inggris dalam proses pembelajaran
Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang
telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa
membandingkan antara ungkapan menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam
bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa
Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa
menyebutkan dan
menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dengan
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris menyebutkan dan menanyakan nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam
jurnal belajarnya.
|
Kriteria
Penilaian:
·
Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama
dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
·
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
·
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain
peran (role play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik.
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam memaparkan
jati diri
Pengamatan
(observations):
· Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan
dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik ketika
muncul kesempatan.
· Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
· Perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
|
2X2
JP
|
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi
interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat.
·
Contoh
teks dari sumber otentik.
· Lembar Kerja Siswa (LKS)
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media
Kreatif. Hal. 125.
·
Lingkungan
sekitar siswa.
|
3
|
3 1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
3.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.3 Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang,
dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
sifat orang, binatang, dan benda
Fungsi
sosial
Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela,
mengagumi
Struktur
teks
(ungkapan hafalan, tidak
perlu dijelaskan tata bahasanya)
young, old, clever, big, small, easy, difficult,
dilligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya.
It’s…, They’re…, I’m…, dan semacamnya.
Is it small? What is he like? What are they like?Are
you tired? What do you think? dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1) Kata tanya What? Which? How?
(2) Nama benda-benda yang
sangat lazim di
sekitar ruman dan sekolah dan terkait.
(3) Kata
ganti it, they, this, that, those,
these.
(4) Kata
kerja dalam
simple present tense: be, have.
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan.
Topik
Orang,
binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup
sehat, dan ramah lingkungan.
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan/ membaca berbagai teks
untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
· Siswa
mengikuti interaksi teks untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
· Siswa
menirukan model teks untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri teks untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang, binatang, benda (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai ungkapan untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks
penggunaannya dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam
bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa
menyusun teks untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play,
dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda yang telah dipelajari dengan yang
ada di berbagai sumber lain.
· Siswa
membandingkan antar ungkapan untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang, binatang, benda dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa
siswa.
Mengkomunikasikan
· Siswa
menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda dengan bahasa Inggris, di dalam
dan di luar kelas.
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya
dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria
Penilaian:
·
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
penggunaan teks
·
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
·
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
·
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
· Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai,
· Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis teks untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
Portofolio
· Kumpulan
pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan
teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) berupa:draft, revisi, dan
editing
· Kumpulan
karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar teks untuk menyatakan dan
menanyakan sifat orang, binatang, benda
· Catatan
atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist,
penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain.
|
4
x 2 JP
|
·
Keteladanan
ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi
interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat.
·
Contoh
teks dari sumber otentik
·
Lembar
Kerja Siswa.
· Orang-orang dilingkungan
sekitar sekolah.
|
4
|
4.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
4.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
4.3 Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.4 Menangkap
makna teks
instruksi (instruction), tanda atau
rambu (short notice), tanda
peringatan (warning/caution), lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana
4.5 Menyusun teks instruksi
(instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
.
|
Teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis
Fungsi
sosial
Mencapai tujuan, menjaga
ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur teks
Ungkapan
baku dari sumber-sumber otentik:
a.
Instruksi: Read
the report carefully. No students should be late. Always come on time. Shake
well before use.
b.
Rambu (short
notice): Keep the room clean and
tidy. Keep door closed at all times. Do not enter. An email has been
received. No mobile phones in the library.
c.
Peringatan (warning/caution):
Caution - Very hot water. Danger, 240
volts. Slippery when wet. Warning – Dangerous chemicals.
Unsur kebahasaan
(1) Kata
dan tata bahasa yang lazim digunakan
(2) Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Tindakan
di sekolah dan di rumah dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup
sehat, dan ramah lingkungan.
Multimedia:
Layout dan
dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik
|
Mengamati
· Siswa
membaca beberapa teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) dari
berbagai sumber
· Siswa
mengamati fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) dari berbagai sumber.
· Siswa belajar membaca memindai
untuk mendapatkan informasi tertentu dari teks (scanning) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan
bermakna
Mempertanyakan
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), dalam
bahasa Inggris, perbedaannya
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
· Siswa
mempertanyakan
cara menemukan informasi tertentu dalam teks
instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
Mengeksplorasi
· Siswa
membacakan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)kepada
teman dan guru dengan tekanan, intonasi, dan pengucapan yang tepat.
· Siswa berlatih menemukan
informasi tertentu dan rinci dalam teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
· Siswa
menulis/menyalin teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) yang
ditulis.
· Siswa
melakukan perbaikan terhadap teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) yang
ditulis berdasarkan masukan dari teman dan guru
Mengasosiasi
· Siswa
menganalisis berbagai teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) dan
membandingkannya dengan contoh yang diberikan.
· Siswa
menganalisis bentuk kalimat yang digunakan dalam teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa membahas kesulitan yang dihadapi pada saat
membaca dan menulis teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) dalam
bahasa Inggris dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa
menggunakan kalimat perintah dalam
menulis teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
· Siswa
mempresentasikan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)yang sudah
diperbaiki
berdasarkan masukan dari guru dan teman
Siswa menyampaikan kesimpulan hasil belajar secara
lisan
|
Kriteria
Penilaian:
·
Tingkat ketercapaian fungsi sosial
penggunaan teks
·
Tingkat kelengkapan
dan keruntutan struktur teks instruksi, tanda atau rambu, tanda peringatan
·
Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
·
Tingkat kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
· Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai,
· Ketepatan dan kesesuaian dalam
menulis teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
Portofolio
· Kumpulan
pekerjaan siswa yang mendukung proses penulisan
teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution) berupa:draft, revisi, dan
editing
· Kumpulan
karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution)
· Catatan
atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, berupa komentar, checklist,
penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain.
|
4
JP
|
a. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings a
bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 177 - 189.
b. Lembar
Kerja Siswa
c. Contoh
teks tertulis
|
Mataram,
28 Maret 2017
Guru
Pamong
Fatemah,
S.Pd.
|
Mahasiswa
PPLK
Idiyatul
Fithri
NIM:
13.8.3.003
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Dra.
Hj. Baiq Nikmah, M.M.Pd.
NIP: 195901051986032002
|
Dosen
Pembimbing
Marham
Jupri Hadi, M.Ed.
NIDN:
0820038401
|
The Titanium Strength Project: Building a Solid-Stable Tilt-Shirt
BalasHapusBuy The Titanium titanium nail Strength Project: cerakote titanium Building a Solid-Stable Tilt-Shirt. 2013 ford focus titanium hatchback titanium bolts You may also babyliss pro titanium like this article.