CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS KELAS VII ASKING AND GIVING THINGS UNTUK MAHASISWA PPLK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : MTs NW Mataram                                                                
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester                        : VII/2 (dua)
Materi Pokok              : Ungkapan asking and giving things
Alokasi Waktu                        : 2 x 2 Jam Pelajaran

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.       Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Komptensi
1
1.1
Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari bahasa Inggris  sebagai bahasa pengantar  komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.

2
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.

2.3
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab, peduli, kerja sama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3
3.5
Memahami fungsi sosial, strukstur teks dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis dalam asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
3.5.1
Mendengarkan atau membaca ungkapan atau tutur kata yang digunakan dalam asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.2
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
4
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis dalam asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6.1
Mengidentifikasi kalimat, yang berkaitan dengan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
4.6.2
Menirukan ungkapan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
4.6.3
Membuat percakapan pendek yang menggunakan ungkapan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
4.6.4
Menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
4.6.5
Melakukan percakapan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari

C.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Mengamati ungkapan atau tutur kata yang digunakan dalam asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
2.      Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan dalam asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
3.      Menirukan ungkapan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
4.      Membuat percakapan pendek dalam menggunakan ungkapan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Melakukan percakapan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari.

D.     Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial   : Mengenalkan, mengidentifikasi ungkapan asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari.
Struktur Teks:
-          A: Pass me the salt, please.
-          B: Sure! Here you are.
-          A: Can I have the cake, please?
-          B: Sure! Here it is.
Unsur kebahasaan:       
o   Nouns (countable dan uncountable noun) like; salt, sugar, pepper, jam, sauce, key, notebook, pen, pencil, marker, book.
o   Verbs: pass, have, do, give, can, could, will, may, etc.
o   To be: is, am, are
o   Personal pronoun: I, you, he, she, they
o   Ungkapan baku: here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okay
Topik: Ungkapan asking and giving things dalam lingkungan siswa sehari-hari.
E.       Metode Pembelajaran
1.        Metode Ilmiah
2.        CLT

F.        Sumber Belajar
2.    Lingkungan sekitar: Benda yang ada dilingkungan sekitar sekolah

G.      Media Pembelajaran
        1.          Media: buku
        2.          Alat dan bahan: spidol

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
1)      Peserta didik mengamati penjelasan guru mengenai ungkapan asking and giving things. (lampiran 1)
2)      Peserta didik mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru tentang ungkapan asking and giving things.
3)      Peserta didik mengidentifikasi makna dan fungsi kalimat asking and giving things yang mereka dengar.
4)      Peserta didik menirukan ungkapan asking and giving things.
Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Peserta didik menerima tugas mandiri untuk membuat ungkapan-ungkapan tentang asking and giving things sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup.

Pertemuan Kedua
Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru memberi salam (greeting);
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3.      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4.      Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5.      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6.      Guru memeriksa pekerjaan rumah peserta didik.
7.      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
8.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
1.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang penggunaan kosa kata Can, Will May, dalam kalimat asking and giving things. (lampiran)
2.      Peserta didik memperhatikan contoh tentang penggunaan kosa kata Can, Could, May dalam kalimat asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Peserta didik mendengarkan contoh percakapan tentang asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi percakapan tentang asking and giving things.
5.      Peserta didik membuat percakapan singkat tentang asking and giving things dalam kehidupan sehari-hari
Penutup (10 menit)
1.       Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2.       Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.       Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
4.       Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup.

I.       Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar
-            Tes dan Non Tes
-            Kunci dan Pedoman penskoran


J.      Penilaian
Ø  Penilaian 1 (Tes)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
a.    Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk meminta dan memberi jasa dalam kehidupan sehari-hari
Tes Tulis
Uraian
Identifikasi kalimat yang mana yang berbentuk kaliamat meminta dan memberi. (lampiran 2) (Tugas I)
b.    Membuat percakapan pendek yang menggunakan ungkapan untuk meminta dan memberi jasa dalam kehidupan sehari-hari
Tes tulis
Uraian
Buatlah percakapan tentang asking and giving things. (Tugas II)
c.    Melakukan percakapan untuk meminta dan memberi jasa dalam kehidupan sehari-hari
Tes berbicara
Uraian
Melakukan percakapan didepan kelas menggunakan kalimat asking and giving things. (Tugas III)

ð  Penilaian 2 (Non Tes)
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Pemahaman mengenai fungsi ungkapan asking and giving things (Aspek I)



Pemahaman mengenai intonasi dalam ungkapan asking and giving things (Aspek II)



Mengajukan pertanyaan (Aspek III)




Keterangan skor           1. Kurang
2.    Cukup
3.    Baik

Mataram, 16 Januari 2017
Guru Pamong



Fatemah, S.Pd.
Mahasiswa PPLK



Idiyatul Fithri
NIM: 13.8.3.003
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Hj. Baiq Nikmah, M.M.Pd.
             NIP: 195901051986032002
Dosen Pembimbing



Marham Jupri Hadi, M.Ed
NIDN: 0820038401

Daftar Nilai Siswa
RPP Pertama (Asking and giving things)
Ø  Penilaian I (Tes)
Kelas VII A
NO
NAMA
NILAI TUGAS I
NILAI TUGAS II
NILAI TUGAS III
1
MUHAMMAD AZHARI
80
75
75
2
NURI FAUZIA
85
85
85
3
MISLAIN
80
80
80
4
IRVAN
80
80
85
5
WALDI
85
85
85
6
M. BOHRI RAHMAN
80
80
80
7
KAMILAINI PAJRI
85
85
85
8
SEPHIRA NUR ALIFIANI
85
85
85
9
SINTIA REHANA
80
80
80
10
ERLANGGA PUTRA DEWA
80
75
75
11
KENDI PANGESTU
75
75
75
12
DIO FIKRAM
80
75
80
13
YUSWAN ZAKI
75
75
75
14
ERLY INDRIANI
80
80
80

KELAS VII B
NO
NAMA
NILAI TUGAS I
NILAI TUGAS II
NILAI TUGAS III
1
DELY JULIANA
85
85
80
2
M. SAHNI AGUNG PUTRA
75
75
75
3
MUNIKAYANTI
85
85
85
4
SAPARUDIN
70
70
70
5
SURIANI
80
80
80
6
QOTRUN NADA
80
80
75
7
DANI MARDIAN
80
80
80
8
KATON
95
85
90
9
RADEN ZULHADI
80
80
80
10
NANA SAFITRI
85
85
85
11
JOAN SAPUTRA
80
75
75
12
JULI INDIKAYANI
80
80
80
13
MUHAMAD RIZAL
75
75
75
14
TOFA TRASNA YUDHA
75
75
75
15
ALDI MAULANA
75
70
70
16
DAMAN HURI
80
80
80





Ø  Penilaian II (Non Tes)

Kelas VII A
NO
NAMA
ASPEK I
ASPEK II
ASPEK III
SKOR
NILAI
1
MUHAMMAD AZHARI
2
2
2
6
66
2
NURI FAUZIA
3
2
3
8
88
3
MISLAIN
3
2
3
8
88
4
IRVAN
3
2
3
8
88
5
WALDI
3
2
3
8
88
6
M. BOHRI RAHMAN
2
2
2
6
66
7
KAMILAINI PAJRI
3
2
3
8
88
8
SEPHIRA NUR ALIFIANI
3
2
3
8
88
9
SINTIA REHANA
3
2
2
7
77
10
ERLANGGA PUTRA D
2
2
2
6
66
11
KENDI PANGESTU
2
2
2
6
66
12
DIO FIKRAM
2
2
2
6
66
13
YUSWAN ZAKI
2
2
2
6
66
14
ERLY INDRIANI
3
2
2
7
77

KELAS VII B
NO
NAMA
ASPEK I
ASPEK II
ASPEK III
SKOR
NILAI
1
DELY JULIANA
3
2
3
8
88
2
M. SAHNI AGUNG P
2
2
2
6
66
3
MUNIKAYANTI
3
2
2
7
77
4
SAPARUDIN
2
2
2
6
66
5
SURIANI
3
2
2
7
77
6
QOTRUN NADA
2
2
2
6
66
7
DANI MARDIAN
2
2
2
6
66
8
KATON
3
2
3
8
88
9
RADEN ZULHADI
2
2
3
7
77
10
NANA SAFITRI
3
2
3
8
88
11
JOAN SAPUTRA
2
2
2
6
66
12
JULI INDIKAYANI
3
2
2
7
77
13
MUHAMAD RIZAL
2
2
2
6
66
14
TOFA TRASNA Y
2
2
2
6
66
15
ALDI MAULANA
2
2
2
6
66
16
DAMAN HURI
2
2
3
7
77






Lampiran RPP (Asking and giving things)
Lampiran Materi pembelajaran:
Asking for and giving things expression adalah kalimat-kalimat bahasa Inggris yang digunakan untuk meminta sesuatu atau memberi sesuatu dalam bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa vocabulary atau frase yang sering kita ucapkan atau kita dengar dalam Asking for and giving expression.
1. May I
4. Can I
5. Can you
6. Lend me

Read to the dialogue!
Rina
Mera
Rina
Mera
: What a beautiful flower! can I have one?
: Here you are. I give you one.
: Thanks
: You are welcome
Kalimat "can I have one?" digunakan untuk meminta sesuatu. Sedangkan kalimat "here you are. I give you one" digunakan untuk memberikan sesuatu kepada seseorang yang meminta tersebut. Dibawah ini ada beberapa contoh kalimat asking for and giving things.
Asking for  things

May I have it, please?
Can I have one?
I want that one!
Give me your stamps, please.
I'd like a cup of coffee, please.
May I try it on?
That looks nice. May I have one?
Can I have a bit?
I'd like a plate of rice, please.
Giving things

Sure. Here you are.
No, problem.
Please serve yourself.
It's OK. I give you one.
Certainly
Yes, I will.
Sure, right away.
Yes, please.

Lampiran Tugas I:
Identifikasi kalimat dibawah ini. Tentukan kalimat asking dan giving.
1.      Ridho:        can you close the door please?
Yani:          Yes, I can.
2.      Mom:         Rina, can you go to the market and buy some vegetables?
Rina:          Yes I can mom.
3.      Mom:         would you give me some money please?
Aldi:          sure, here you are.
4.      Ria:            Can I borrow your pen, please?
Tanti:         Yes, please.

5.      Tono: May I borrow your book, please?
Lita: Of Course.

Komentar