RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS SMP/MTs KELAS VII TENTANG INSTRUCTION, SHORT NOTICE, WARNING/CAUTION UNTUK MAHASISWA PPLK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
MTs NW Mataram
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/2 (Dua)
|
Materi Pokok
|
:
|
Teks (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 4 JP
|
A. Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2.
|
2.3
|
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3.
|
3.9
|
Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.9.1
Menyimpulkan fungsi sosial dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9.2
Menyimpulkan struktur teks dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9.3
Menyimpulkan unsur
kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4
|
4.10
|
Menangkap
makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana
|
4.10.1 Menangkap makna teks
instruksi (instruction) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
4.10.2 Menangkap makna teks
tanda atau rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek
sederhana
4.10.3 Menangkap makna teks tanda
peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
|
4.11
|
Menyusun
teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.11.1
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi social yang benar
dan sesuai konteks.
4.11.2
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana dengan struktur teks yang benar dan sesuai
konteks.
4.11.3
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
b.
Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.
Menyimpulkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction)
sesuai dengan konteks penggunaannya.
d.
Menangkap makna teks instruksi (instruction)
lisan dan tulis sangat pendek sederhana.
e.
Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks tanda atau
rambu (short notice) sesuai dengan konteks penggunaannya.
f.
Menangkap makna teks tanda atau
rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
g.
Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks tanda peringatan (warning/caution),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
h.
Menangkap makna teks tanda
peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
i.
Menyusun teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.
Materi
Pembelajaran
Fungsi
Sosial : Mencapai tujuan, menjaga
ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur Teks : Ungkapan baku
dari sumber-sumber otentik: (lampiran
1)
a. Instruksi:
Read the report carefully. No students
should be late. Always come on time. Shake well before use.
b. Rambu
(short notice): Keep the room clean and tidy. Keep door closed at all times. Do not
enter. An email has been received. No mobile phones in the library.
c. Peringatan
(warning/caution): Caution - Very hot water. Danger, 240 volts.
Slippery when wet. Warning – Dangerous chemicals
Unsur
Kebahasaan:
a)
Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam instruksi, rambu, dan
peringatan dari sumber-sumber otentik
b)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
c)
Ejaan dan tanda baca
d)
Tulisan tangan
Topik:
Tindakan di sekolah dan di rumah dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, cinta
damai, dan kerja sama.
Multimedia: Layout
dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ilmiah
2.
CLT
F.
Media, Alat
1.
Media: Gambar
2.
Alat:
Spidol, papan tulis.
G.
Sumber Pembelajaran
a. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings a bell.
Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 177 - 189.
b. Contoh
teks tertulis
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru memberi salam (greeting).
2)
Guru memeriksa kehadiran Peserta
didik;
3)
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru memberi motivasi
belajar Peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
5)
Guru mengajukan tentang kaitan
antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai;
7)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya
di mana terdapat instruksi (instruction) termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto
setiap yang dilihat tersebut.
2)
Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di
mana terdapat instruksi (instruction) dari berbagai sumber
termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)
Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi instruksi
(instruction) ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan
dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara instruksi (instruction)
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks,
untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
instruksi (instruction).
2)
Peserta
didik membaca secara lebih cermat semua instruksi (instruction) yang
telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan
komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaannya.
3)
Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat instruksi (instruction)
untuk fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah dikumpulkan
dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau
dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)
Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman
tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta didik membuat lebih banyak instruksi (instruction) dalam
bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)
Peserta didik
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang
benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)
Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat
instruksi (instruction) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1) Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2) Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3) Guru
memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana
tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda
unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4) Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
5) Peserta
didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit )
1) Guru
memberi salam (greeting);
2) Guru
memeriksa kehadiran Peserta didik;
3) Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4) Guru
memberi motivasi belajar Peserta didik secara
kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi
ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan
memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
5) Guru
mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari;
6) Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai;
7) Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya
di mana terdapat tanda atau rambu (short notice) termasuk yang
menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat
tersebut.
2)
Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di
mana terdapat tanda atau rambu (short notice) dari berbagai sumber
termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)
Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi tanda atau
rambu (short notice) ketepatan unsur
kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan
dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara tanda atau rambu (short notice)
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks,
untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari tanda
atau rambu (short notice).
2)
Peserta
didik membaca secara lebih cermat semua tanda atau rambu (short notice)
yang telah terkumpul dalam bentuk gam bar dan foto tersebut di atas, untuk
memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya.
3)
Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk
membuat tanda atau rambu (short notice) untuk fungsi nyata di kelas,
sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbaga tanda atau rambu (short notice) yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai tanda atau rambu (short notice) yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau
dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)
Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman
tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta didik membuat lebih banyak tanda atau rambu (short notice)
dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)
Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan
dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)
Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat tanda
atau rambu (short notice) dan menuliskannya dalam jurnal belajar
sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1) Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2) Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3) Guru
memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana
tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda
unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4) Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
5) Peserta
didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan ketiga
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru memberi salam (greeting);
2)
Guru memeriksa kehadiran Peserta
didik;
3)
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru memberi motivasi
belajar Peserta didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
5)
Guru mengajukan tentang kaitan
antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai;
7)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)
Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya
di mana terdapat tanda peringatan (warning/caution), termasuk
yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang
dilihat tersebut.
2)
Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di
mana terdapat tanda peringatan (warning/caution), dari berbagai
sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)
Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi tanda
peringatan (warning/caution), ketepatan unsur kebahasaannya, format,
tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan
dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara tanda peringatan (warning/caution),
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)
Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks,
untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari tanda
peringatan (warning/caution).
2)
Peserta didik membaca secara
lebih cermat semua tanda peringatan (warning/caution)
yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk
memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaannya.
3)
Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk
membuat tanda peringatan (warning/caution) untuk fungsi nyata di
kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)
Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau
dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta didik membuat lebih banyak tanda peringatan (warning/caution)
dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)
Peserta didik berupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang
benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)
Peserta didik membicarakan permasalahan
yang dialami dalam membuat tanda peringatan (warning/caution) dan
menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup
(10 menit)
1) Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2) Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3) Guru
memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana
tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda
unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4) Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
5) Peserta
didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan
keempat
Pendahuluan (10
menit )
1)
Guru memberi salam (greeting);
2)
Guru memeriksa kehadiran Peserta
didik;
3)
Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4)
Guru memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional;
5)
Guru mengajukan tentang kaitan
antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai;
7)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan
inti (60 menit)
Mencipta
1)
Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang kemudian setiap
kelompok diberi situasi tentang (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau
rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution)
dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
2)
Peserta
didik membuat (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice),
(c) tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk
fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah berdasarkan situasi yang
diberikan sesuai struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar.
3)
Peserta
didik mempersentasikan hasil kelompok didepan kelas dan menempelkan hasil
kelompok di dinding kelas
4)
Peserta
didik secara berkelompok melihat hasil cipta kelompok lain dan memberi
komentar.
Penutup
(10 menit)
1) Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2) Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3) Guru
memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana
tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda
unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4) Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
5) Peserta
didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
H.
Penilaian
Ø Penilaian
1 (Tes)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Menangkap makna teks instruksi (instruction)
lisan dan tulis sangat pendek sederhana
Menangkap makna teks tanda atau
rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
Menangkap makna teks tanda
peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
makna dan fungsi dari instruction, short notice, dan warning/caution.
|
Menyusun
teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi social yang benar dan sesuai konteks.
Menyusun
teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana dengan struktur teks yang benar dan sesuai konteks.
Menyusun teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Buatlah
teks instruction, short notice dan warning/caution masing-masing 5
|
ð
Penilaian 2 (Non Tes)
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Pemahaman mengenai teks
instruction, short notice, warning/caution
|
|
|
|
Pemahaman mengenai makna dan
fungsi dari teks instruction, short notice, warning/caution
|
|
|
|
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
Keterangan
skor :
1.
Kurang
2.
Cukup
3.
Baik
Mataram,
20 Februari 2017
Guru Pamong
Fatemah, S.Pd.
|
Mahasiswa PPLK
Idiyatul Fithri
NIM: 13.8.3.003
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dra. Hj. Baiq Nikmah, M.M.Pd.
NIP: 195901051986032002
|
Dosen Pembimbing
Marham Jupri Hadi, M.Ed
NIDN: 0820038401
|
Daftar Nilai Siswa
RPP Keempat (Teks (a) instruksi (instruction),
(b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis)
Ø
Penilaian I (Tes)
KELAS
VII A
NO
|
NAMA
|
NILAI TUGAS I
|
NILAI TUGAS II
|
1
|
M. AZHARI
|
75
|
75
|
2
|
NURI FAUZIA
|
85
|
85
|
3
|
MISLAIN
|
80
|
80
|
4
|
IRVAN
|
80
|
80
|
5
|
WALDI
|
85
|
85
|
6
|
M. BOHRI RAHMAN
|
75
|
75
|
7
|
KAMILAINI PAJRI
|
85
|
85
|
8
|
SEPHIRA NUR A.
|
80
|
80
|
9
|
SINTIA REHANA
|
80
|
80
|
10
|
ERLANGGA PUTRA D
|
70
|
70
|
11
|
KENDI PANGESTU
|
70
|
70
|
12
|
DIO FIKRAM
|
70
|
70
|
13
|
YUSWAN ZAKI
|
70
|
70
|
14
|
ERLY INDRIANI
|
80
|
80
|
KELAS
VII B
NO
|
NAMA
|
NILAI TUGAS I
|
NILAI TUGAS II
|
1
|
DELY JULIANA
|
85
|
85
|
2
|
M. SAHNI AGUNG P.
|
75
|
75
|
3
|
MUNIKAYANTI
|
80
|
80
|
4
|
SAPARUDIN
|
70
|
70
|
5
|
SURIANI
|
75
|
75
|
6
|
QOTRUN NADA
|
75
|
75
|
7
|
DANI MARDIAN
|
75
|
75
|
8
|
KATON
|
85
|
85
|
9
|
RADEN ZULHADI
|
80
|
80
|
10
|
NANA SAFITRI
|
85
|
85
|
11
|
JOAN SAPUTRA
|
75
|
75
|
12
|
JULI INDIKAYANI
|
80
|
80
|
13
|
MUHAMAD RIZAL
|
70
|
70
|
14
|
TOFA TRASNA Y.
|
70
|
70
|
15
|
ALDI MAULANA
|
70
|
70
|
16
|
DAMAN HURI
|
80
|
80
|
Ø
Penilaian II (Non Tes)
Kelas
VII A
NO
|
NAMA
|
ASPEK I
|
ASPEK II
|
ASPEK III
|
SKOR
|
NILAI
|
1
|
MUHAMMAD AZHARI
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
2
|
NURI FAUZIA
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
3
|
MISLAIN
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
4
|
IRVAN
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
5
|
WALDI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
6
|
M. BOHRI RAHMAN
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
7
|
KAMILAINI PAJRI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
8
|
SEPHIRA NUR ALIFIANI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
9
|
SINTIA REHANA
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
10
|
ERLANGGA PUTRA D
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
11
|
KENDI PANGESTU
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
12
|
DIO FIKRAM
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
13
|
YUSWAN ZAKI
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
14
|
ERLY INDRIANI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
KELAS
VII B
NO
|
NAMA
|
ASPEK I
|
ASPEK II
|
ASPEK III
|
SKOR
|
NILAI
|
1
|
DELY JULIANA
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
2
|
M. SAHNI AGUNG P
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
3
|
MUNIKAYANTI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
4
|
SAPARUDIN
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
5
|
SURIANI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
6
|
QOTRUN NADA
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
7
|
DANI MARDIAN
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
8
|
KATON
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
9
|
RADEN ZULHADI
|
2
|
2
|
3
|
7
|
77
|
10
|
NANA SAFITRI
|
3
|
2
|
3
|
8
|
88
|
11
|
JOAN SAPUTRA
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
12
|
JULI INDIKAYANI
|
3
|
2
|
2
|
7
|
77
|
13
|
MUHAMAD RIZAL
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
14
|
TOFA TRASNA Y
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
15
|
ALDI MAULANA
|
2
|
2
|
2
|
6
|
66
|
16
|
DAMAN HURI
|
2
|
2
|
3
|
7
|
77
|
Ø
Penilaian III (Diskusi)
KELAS
VII A
Kelompok
I: Kelompok II: Kelompok III: Kelompok IV:
1. M. azhari 1. Nur Fauziah 1.
Mislain 1. Erli
Indriani
2. Irvan 2. Waldi 2.
M. bohri R 2. Yuswan Zaki
3. Kamilaini Fajri 3. Dio Fikram 3. Sephira Nur A. 3.
Sintia Rehana
4. Erlangga Putra D. 4. Kendi Pangestu
Keterangan skor:
1)
Kurang
2) Cukup
3)
Baik
Nama Kelompok
|
Ketepatan penulisan kata
|
Ketepatan struktur kalimat
|
Kekompakan
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Klp
1
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
Klp
2
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
Klp
3
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
Klp
4
|
|
|
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
8
|
88
|
KELAS
VII B
Kelompok
I: Kelompok II: Kelompok III: Kelompok IV:
1. Suriani 1. R. Zulhadi 1.
Aldi Maulana 1. Dani
Mardian
2. Dely Juliana 2. Munikayanti 2. Nana Safitri 2. Tofa Trasna Y.
3. M. Sahni Agung S 3. Qotrun Nada 3.
Ahmad Daman H. 3. Juli Indikayani
4. M. Rizal 4. Saparudin 4.
Joan Saputra 4.
Katon
Keterangan skor:
1) Kurang
2) Cukup
3) Baik
Nama Kelompok
|
Ketepatan penulisan kata
|
Ketepatan struktur kalimat
|
Kekompakan
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Klp
1
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Klp
2
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Klp
3
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Klp
4
|
|
|
3
|
|
2
|
|
|
2
|
|
7
|
77
|
Lampiran
RPP Keempat (Teks
(A) Instruksi (Instruction), (B) Tanda Atau Rambu (Short Notice),
(C) Tanda Peringatan (Warning/Caution), Lisan Dan Tulis)
1.
Instructions
Pengertian
instruksi adalah kalimat yang memerintahkan kita untuk melakukan sesuatu.
Contohnya:
1.
Read
the following text.
2. Clean the board
3. Raise your hand.
4. Sit down.
5.
Open
the window.
Kalimat instruksi lebih mengarah
kepada kalimat yang berbentuk lisan atau kalimat yang diucapkan
2. Short
Notice
Ada beberapa pengertian
dari Notice yaitu;
·
Informasi yang
memberitahu atau memperingatkan tentang sesuatu yang akan terjadi
·
Sebuah pernyataan
mengatakan seseorang bahwa perjanjian, pekerjaan, dll, akan segera berakhir
·
Perhatian yang diberikan
orang kepada seseorang atau sesuatu
Dari beberapa pengertian
diatas maka dapat disimpulkan bahwa Notice adalah pemberitahuan/peringatan yang
berupa tulisan/gambar/tanda untuk memberi informasi, instruksi atau peringatan
kepada publik.
Tujuan dari Notice
adalah;
- Untuk
memberi petunjuk
- Untuk
memberi arahan
Untuk memberi peringatan agar
berhati-hati
Contohnya:
3.
Warning/Caution
Warning/Caution (memperingatkan)
adalah sebuah kalimat expressions yang digunakan untuk memperingatkan seseorang
biasanya dipasang di tempat-tempat tertentu untuk menarik perhatian pembaca.
Tujuan dari Warning
adalah;
- Untuk
memberi peringatan bahwa itu berbahaya.
- Memberi
peringatan agar orang melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Contohnya:
Komentar
Posting Komentar