RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS SMP/MTs KELAS VII TENTANG INSTRUCTION, SHORT NOTICE, WARNING/CAUTION UNTUK MAHASISWA PPLK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
MTs NW Mataram
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VII/2 (Dua)
Materi Pokok
:
Teks (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis
Alokasi Waktu
:
4 X 4 JP

A.       Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1
Mensyukuri  kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.
3.9
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.1 Menyimpulkan fungsi sosial dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.2 Menyimpulkan struktur teks dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.3   Menyimpulkan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4
4.10
Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana
4.10.1  Menangkap makna teks instruksi (instruction) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
4.10.2 Menangkap makna teks tanda atau rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
4.10.3 Menangkap makna teks tanda peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
4.11
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11.1 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi social yang benar dan sesuai konteks.
4.11.2 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana dengan struktur teks yang benar dan sesuai konteks.
4.11.3 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.       Tujuan Pembelajaran  
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
a.       Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari  bahasa  Inggris  sebagai bahasa  pengantar  komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
b.      Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
c.       Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction) sesuai dengan konteks penggunaannya.
d.      Menangkap makna teks instruksi (instruction) lisan dan tulis sangat pendek sederhana.
e.       Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tanda atau rambu (short notice) sesuai dengan konteks penggunaannya.
f.       Menangkap makna teks tanda atau rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
g.       Menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
h.      Menangkap makna teks tanda peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
i.        Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.      Materi Pembelajaran 
Fungsi Sosial        : Mencapai tujuan, menjaga ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur Teks      : Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik: (lampiran 1)
a.    Instruksi: Read the report carefully. No students should be late. Always come on time. Shake well before use.
b.   Rambu (short notice): Keep the room clean and tidy. Keep door closed at all times. Do not enter. An email has been received. No mobile phones in the library.
c.    Peringatan (warning/caution): Caution - Very hot water. Danger, 240 volts. Slippery when wet. Warning – Dangerous chemicals
Unsur Kebahasaan:       
a)      Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam instruksi, rambu, dan peringatan dari sumber-sumber otentik
b)      Ucapan, tekanan kata, intonasi
c)      Ejaan dan tanda baca
d)      Tulisan tangan
Topik: Tindakan di sekolah dan di rumah dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, cinta damai, dan kerja sama.
Multimedia: Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik
E.       Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah
2.      CLT
F.        Media, Alat
1.      Media: Gambar
2.      Alat: Spidol, papan tulis.
G.           Sumber Pembelajaran
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings a bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 177 - 189.
b.      Contoh teks tertulis
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama 
Pendahuluan (10 menit )
1)      Guru memberi salam (greeting).
2)      Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  Peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.


Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya di mana terdapat  instruksi (instruction) termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)      Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di mana terdapat  instruksi (instruction) dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)      Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi instruksi (instruction) ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara instruksi (instruction) dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)      Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari instruksi (instruction).
2)      Peserta didik membaca secara lebih cermat semua instruksi (instruction) yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3)      Secara kolaboratif  Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat instruksi (instruction) untuk fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai instruksi (instruction) yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)      Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)      Peserta didik membuat lebih banyak instruksi (instruction) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat instruksi (instruction) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit )
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  Peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya di mana terdapat tanda atau rambu (short notice) termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)      Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di mana terdapat tanda atau rambu (short notice) dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)      Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi tanda atau rambu (short notice) ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara tanda atau rambu (short notice) dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)      Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari tanda atau rambu (short notice).
2)      Peserta didik membaca secara lebih cermat semua tanda atau rambu (short notice) yang telah terkumpul dalam bentuk gam bar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3)      Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat tanda atau rambu (short notice) untuk fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi                               
1)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbaga tanda atau rambu (short notice) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda atau rambu (short notice) yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
3)      Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
1)      Peserta didik membuat lebih banyak tanda atau rambu (short notice) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat tanda atau rambu (short notice) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan ketiga
Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru memberi  motivasi  belajar  Peserta didik  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional;
5)      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik mencari benda atau tempat di sekolah, rumah, dan sekitarnya di mana terdapat tanda peringatan (warning/caution), termasuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Jika memungkinkan memfoto setiap yang dilihat tersebut.
2)      Peserta didik mengumpulkan gambar dan foto berbagai lokasi dan benda di mana terdapat tanda peringatan (warning/caution), dari berbagai sumber termasuk internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
3)      Peserta didik memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi tanda peringatan (warning/caution), ketepatan unsur kebahasaannya, format, tampilan, dsb.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara  tanda peringatan (warning/caution), dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
1)      Peserta didik membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari tanda peringatan (warning/caution).
2)      Peserta didik membaca secara lebih cermat semua tanda peringatan (warning/caution) yang telah terkumpul dalam bentuk gambar dan foto tersebut di atas, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.
3)      Secara kolaboratif Peserta didik meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat tanda peringatan (warning/caution) untuk fungsi nyata di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.
Mengasosiasi
1)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
2)      Peserta didik membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai tanda peringatan (warning/caution) yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
Mengkomunikasikan
1)      Peserta didik membuat lebih banyak tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
2)      Peserta didik berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3)      Peserta didik membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat tanda peringatan (warning/caution) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan keempat
Pendahuluan (10 menit )
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran Peserta didik;
3)      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
4)      Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
5)      Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
6)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
7)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Mencipta
1)      Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang kemudian setiap kelompok diberi situasi tentang (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
2)      Peserta didik membuat (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution) dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah berdasarkan situasi yang diberikan sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.
3)      Peserta didik mempersentasikan hasil kelompok didepan kelas dan menempelkan hasil kelompok di dinding kelas
4)      Peserta didik secara berkelompok melihat hasil cipta kelompok lain dan memberi komentar.

Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

H.      Penilaian
Ø  Penilaian 1 (Tes)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Menangkap makna teks instruksi (instruction) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
Menangkap makna teks tanda atau rambu (short notice) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
Menangkap makna teks tanda peringatan (warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek sederhana
Tes Tulis
Uraian
Jelaskan makna dan fungsi dari instruction, short notice, dan warning/caution.
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi social yang benar dan sesuai konteks.
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana dengan struktur teks yang benar dan sesuai konteks.
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Tes tulis
Uraian
Buatlah teks instruction, short notice dan warning/caution masing-masing 5

ð  Penilaian 2 (Non Tes)
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Pemahaman mengenai teks instruction, short notice, warning/caution



Pemahaman mengenai makna dan fungsi dari teks instruction, short notice, warning/caution



Mengajukan pertanyaan



Keterangan skor           :
1.      Kurang
2.      Cukup
3.      Baik

Mataram, 20 Februari 2017
Guru Pamong



Fatemah, S.Pd.
Mahasiswa PPLK



Idiyatul Fithri
NIM: 13.8.3.003
Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. Hj. Baiq Nikmah, M.M.Pd.
             NIP: 195901051986032002
Dosen Pembimbing



Marham Jupri Hadi, M.Ed
NIDN: 0820038401

Daftar Nilai Siswa
RPP Keempat (Teks (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis)
Ø  Penilaian I (Tes)
KELAS VII A
NO
NAMA
NILAI TUGAS I
NILAI TUGAS II
1
M. AZHARI
75
75
2
NURI FAUZIA
85
85
3
MISLAIN
80
80
4
IRVAN
80
80
5
WALDI
85
85
6
M. BOHRI RAHMAN
75
75
7
KAMILAINI PAJRI
85
85
8
SEPHIRA NUR A.
80
80
9
SINTIA REHANA
80
80
10
ERLANGGA PUTRA D
70
70
11
KENDI PANGESTU
70
70
12
DIO FIKRAM
70
70
13
YUSWAN ZAKI
70
70
14
ERLY INDRIANI
80
80

KELAS VII B
NO
NAMA
NILAI TUGAS I
NILAI TUGAS II
1
DELY JULIANA
85
85
2
M. SAHNI AGUNG P.
75
75
3
MUNIKAYANTI
80
80
4
SAPARUDIN
70
70
5
SURIANI
75
75
6
QOTRUN NADA
75
75
7
DANI MARDIAN
75
75
8
KATON
85
85
9
RADEN ZULHADI
80
80
10
NANA SAFITRI
85
85
11
JOAN SAPUTRA
75
75
12
JULI INDIKAYANI
80
80
13
MUHAMAD RIZAL
70
70
14
TOFA TRASNA Y.
70
70
15
ALDI MAULANA
70
70
16
DAMAN HURI
80
80





Ø  Penilaian II (Non Tes)

Kelas VII A
NO
NAMA
ASPEK I
ASPEK II
ASPEK III
SKOR
NILAI
1
MUHAMMAD AZHARI
2
2
2
6
66
2
NURI FAUZIA
3
2
3
8
88
3
MISLAIN
3
2
3
8
88
4
IRVAN
3
2
3
8
88
5
WALDI
3
2
3
8
88
6
M. BOHRI RAHMAN
2
2
2
6
66
7
KAMILAINI PAJRI
3
2
3
8
88
8
SEPHIRA NUR ALIFIANI
3
2
3
8
88
9
SINTIA REHANA
3
2
2
7
77
10
ERLANGGA PUTRA D
2
2
2
6
66
11
KENDI PANGESTU
2
2
2
6
66
12
DIO FIKRAM
2
2
2
6
66
13
YUSWAN ZAKI
2
2
2
6
66
14
ERLY INDRIANI
3
2
2
7
77

KELAS VII B
NO
NAMA
ASPEK I
ASPEK II
ASPEK III
SKOR
NILAI
1
DELY JULIANA
3
2
3
8
88
2
M. SAHNI AGUNG P
2
2
2
6
66
3
MUNIKAYANTI
3
2
2
7
77
4
SAPARUDIN
2
2
2
6
66
5
SURIANI
3
2
2
7
77
6
QOTRUN NADA
2
2
2
6
66
7
DANI MARDIAN
2
2
2
6
66
8
KATON
3
2
3
8
88
9
RADEN ZULHADI
2
2
3
7
77
10
NANA SAFITRI
3
2
3
8
88
11
JOAN SAPUTRA
2
2
2
6
66
12
JULI INDIKAYANI
3
2
2
7
77
13
MUHAMAD RIZAL
2
2
2
6
66
14
TOFA TRASNA Y
2
2
2
6
66
15
ALDI MAULANA
2
2
2
6
66
16
DAMAN HURI
2
2
3
7
77





Ø  Penilaian III (Diskusi)

KELAS VII A
Kelompok I:                Kelompok II:               Kelompok III:              Kelompok IV:
1.  M. azhari              1. Nur Fauziah                         1. Mislain                     1. Erli Indriani
2.  Irvan                     2. Waldi                       2. M. bohri R               2. Yuswan Zaki
3.  Kamilaini Fajri      3. Dio Fikram              3. Sephira Nur A.         3. Sintia Rehana
4.  Erlangga Putra D.  4. Kendi Pangestu
Keterangan skor:
1)      Kurang
2)      Cukup
3)      Baik                                        

Nama Kelompok
Ketepatan penulisan kata
Ketepatan struktur kalimat
Kekompakan
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3
Klp 1


3


3

2

8
88
Klp 2


3


3

2

8
88
Klp 3


3


3

2

8
88
Klp 4


3


3

2

8
88

KELAS VII B
Kelompok I:                Kelompok II:               Kelompok III:              Kelompok IV:
1.      Suriani                   1. R. Zulhadi                1. Aldi Maulana                       1. Dani Mardian
2.      Dely Juliana           2. Munikayanti                        2. Nana Safitri             2. Tofa Trasna Y.
3.      M. Sahni Agung S  3. Qotrun Nada                        3. Ahmad Daman H.    3. Juli Indikayani
4.      M. Rizal                 4. Saparudin                4. Joan Saputra                        4. Katon
Keterangan skor:
        1)     Kurang
        2)     Cukup
        3)     Baik                                          


Nama Kelompok
Ketepatan penulisan kata
Ketepatan struktur kalimat
Kekompakan
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3
Klp 1


3

2


2

7
77
Klp 2


3

2


2

7
77
Klp 3


3

2


2

7
77
Klp 4


3

2


2

7
77







Lampiran RPP Keempat (Teks (A) Instruksi (Instruction), (B) Tanda Atau Rambu (Short Notice), (C) Tanda Peringatan (Warning/Caution), Lisan Dan Tulis)
1.      Instructions
Pengertian instruksi adalah kalimat yang memerintahkan kita untuk melakukan sesuatu.
Contohnya:
1.      Read the following text.
2.      Clean the board
3.      Raise your hand.
4.      Sit down.
5.      Open the window.
Kalimat instruksi lebih mengarah kepada kalimat yang berbentuk lisan atau kalimat yang diucapkan
2.      Short Notice
Ada beberapa pengertian dari Notice yaitu;
·       Informasi yang memberitahu atau memperingatkan tentang sesuatu yang akan terjadi
·       Sebuah pernyataan mengatakan seseorang bahwa perjanjian, pekerjaan, dll, akan segera berakhir
·       Perhatian yang diberikan orang kepada seseorang atau sesuatu
Dari beberapa pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Notice adalah pemberitahuan/peringatan yang berupa tulisan/gambar/tanda untuk memberi informasi, instruksi atau peringatan kepada publik.
Tujuan dari Notice adalah;
  1. Untuk memberi petunjuk
  2. Untuk memberi arahan
Untuk memberi peringatan agar berhati-hati
Contohnya:
Food Or Drink Allowed In This Refrigerator
 Keep Door Closed At All Times
 This Area Monitored By Video Camera
 Keep Area Clean

3.      Warning/Caution
Warning/Caution (memperingatkan) adalah sebuah kalimat expressions yang digunakan untuk memperingatkan seseorang biasanya dipasang di tempat-tempat tertentu untuk menarik perhatian pembaca.
Tujuan dari Warning adalah; 
  1. Untuk memberi peringatan bahwa itu berbahaya.
  2. Memberi peringatan agar orang melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Contohnya:
 Hot Surface Do Not Touch
 Warning, River Is Dangerous
 Danger, 240 Volts
Caution, Electrical Hazard



Komentar